Pages

Wednesday 22 May 2013

review breastpump

akhirnya memberanikan diri untuk me-repiu alat penting buat para working mom yaituuu breastpump. Buat aku memilih breastpump yang cocok penting banget karena aku sadar kalo suplai asi ku termasuk yang marjinal aja bukan yang banyaaakkk deres macam air terjun niagara tapi Alhamdulillah masih dikasih rejeki untuk kev. Sungguh sangat iri tingkat ndewo sama yang bisa mompa lebih dari 200cc per session *hiks. Nah makanya itu, aku milih bp udah kayak milih pacar.

Pas hamil malah sama sekali blom kepikiran mau milih2 bp gitu. Aku pikir semua cocok lah yang penting pompa gitu. Kebetulan juga sebelum bebe lahir udah ada yang ngasih duluan jadilah aku tenang2 aja tanpa mikir. Ternyata like breastfeeding, pumping asi itu tidak semudah yang aku kira yang tinggal pasang trus ngalir lah. Udah aku sering sebutkan di posting sebelumnya kalo pertama pumping hasilnya cuma ngebasahin pantat botol. Nah belajar dari situlah aku trus memilih breastpump yang bener2 cocok sama aku. Inilah breastpump yang pernah aku coba (ada yang milik sendiri dan ada yang modal minjem XD)


Unimom Mezzo
Jujur breastpump manual favorite ibu2 ini ternyata bukan favoriteku. Entah aku yang belom bisa ilmu per-pumping-an atau bener2 ga cocok. Hasilnya sedikit walo udah ngengkol berulang kali. So intinya aku susah dapet LDR kalo pake ini, padahal ada petal cushionnya. Udah gitu asi yang tak seberapa netes2 itu masuk pulak ke cushion. Dan menurutku gagangnya kurang ergonomis. Aku kalo pake ini dua tangan kerja semua, satu ngengkol, satunya pegang botolnya. Ahhh pokonya daku bener2 cupu pake ini. Dan karena aku cuma beberapa kali pake ini dan belom tau selanya jadi aku belom bisa ngasih nilai plusnya. Yang ada nilai minus nya doang. Maapken yang ibu-ibu. Eh nilai plusnya, harga bp ini termasuk muraaahhh meriah :)
Score 5 out of 10

Medela Lactina
Breastpump kedua yang pernah aku coba. Ini bp aku coba dirumah sakit waktu kev di diagnosis tounge-tie. Sama suster di ruang bayi disuruh pake bp ini untuk langsung diberikan ke kev karena kev udah anget bdannya kurang cairan. Itu hari ketiga lho *kasiaann kev-ku kelaperan. Dan hasilnya pun wakwaawww nihil boo. Sama aja cuma sedikit walo ga cuma basahin pantat botol. Adalah kmrn itu 5-10cc. Kalo kata susternya aku udah kelewat stress, kurang rileks jadi asi nya mampet. Berkali2 aku disuruh jangan mewek, rileks tapi tetep aja mewek. Tapi ini breatpump aslik tarikannya ajegile. Mungkin untuk mom's yang suplai ASI bagus bakal panen kalo pake bp ini. Yah namanya juga breastpump hospital grade. Harganya juga jangan nanya deh, kalo mau nyoba pake ini bisa sewa kok. Setauku ada beberapa rumah sakit menyewakan bp ini. Dulu senior di kantorku pernah nyewa breastpump ini untuk triplet baby nya.
Score 6 out of 10

Medela Swing
Yay..Ini breastpump pertama yang kubeli sendiri. setelah bertapa di goa gong selama seminggu alhasil turunlah wangsit untuk membeli bp ini. Sebenernya sik takut juga kalo hasilnya ga cocok. Soalnya bukan bp muraahh. Dengan berdoa maka kebelilah bp ini. Hasilnyaaa...cocookk booo... Pertama kali nyoba aja langsung dpt 30cc (dikit gitu bangga yak). Yah habisnya sebelumnya kan paling mentok juga 10cc. Maknya dpt 30cc aja udah girang banget. Yah setidaknya menambah semangat busui satu ini lah. Yang bikin aku seneng aja fase memijatnya jadi lebih gampang dapet LDR. LDR kan = hasil ASIP banyak. Pokoknya saya sukaaa bp ini, semakin dan semenjak pakai bp ini hasil pumping ku juga lebih banyak. Suaranya juga ga berisik2 amat. Masih berisikan suara ngoroknya suamik XD. Kev ga pernah bangun kalo aku pumping di kamar. Kecuali dia lagi cranky pasti dah bangun. Minusnya cuma bukan double pump. Sehabis beli ini saya menyesal kenapa ga beli swing maxi ajah. Selain itu ini bukan termasuk bp murah jadi agak bikin kantong tipis. Dan harus modal baterai AA 4 biji kalo lagi ga nemu colokan, itu cuma bertahan 3-4x pumping/30menit. Aku berhasil bikin stockpile ASIP sebelum cutiku habis dengan bp ini. Sekarang pun masih jadi bp favorite walo adaptornya rusak kena air. Hiks.
Score 9 out of 10

Medela Mini Electric
Nah, karena aku menyesal ga beli bp double pump sekalian sewaktu beli swing. Makanya aku mencari bp lagi untuk tandem dengan swing. Sibuk mencari2, memilah2 mana bp yang cocok untukku. Aku mikirnya karena aku cocok dengan swing pastinya aku bakal cocok dengan produk medela yang lain. Tapi aku agak sayang buat ngeluarin duit lagi *emak pelit. Trus pas dikantor lagi ngobrol sama seniorku yang punya triplet baby. Dia bilang daripada kamu beli lagi mending kamu pakai punya istri saya. Lagian istri saya juga sudah ga pakai. Kebeneraaannn.... akhirnyaaa aku pakai bp ini hasil pinjeman. Repiunya : Minus. Aku ga suka. Bener2 ga suka. Tarikannya bikin nippie sakit, suaranyaa ngalahin suara mesin pemotong rumputnya pak yasin, hasilnya yasalam deh. Mungkin karena ga nyaman dengan suctionnya minel jadi hasilnya pun dikit. Tapi gini2, bp ini bp elektrik sejuta umat lho. Banyak banget yang pake. Dan ada temenku pake bp ini hasilnya bisa 300-400cc per session. DUEERR. Apa yang salah dengan ambo??
Score 5 out of 10

Avent Isis IQ Uno
Ga puas dengan minel, terpaksa dong harus nyari bp lain untuk dijadikan tandem dengan swing. Dan belajar dari kejadian minel makanya aku putuskan untuk nyewa aja dulu. test drive dulu lah hehehehe... Dan initnya aku juga tetep mencari bp double pump, avent punya double pump avent isis iq duo. kalo aku cocok dengan uno brarti akan cocok dengan duo gitu. Goggling2 n baca2 di forum akhirnya aku putuskan untuk menyewa avent isis uno. Kenapa? Coz banyak ibu2 yang puas dengan kinerja dari bp satu ini. Selain itu bp ini bp manual yang di elektrik-kan. Kekuatan dan kecepatan suction bisa kita atur semau kita dan senyaman kita. Trus bp ini bisa dijadikan bp manual cz ada tuas pengungkit untuk manualnya. Akikah masih penasaran dengan bp manual. Hasilnya?? Not to bad. Tapi somehow aku tetep ga bisa dapet LDR dengan bp manual atau bp semia manual-elektrik ini. Bingung ambo. Kayaknya aku tipe orang yang terima jadi. kalo mobil pun akan milih matic drpd manual. Tapi aku ga bisa nyetir matic (OOT BANGET SIK). Hasil tandem dengan swing pun tidak mengecewakan. Aku malah pake yang manual karena kok malah lebih cepet dapet hasilnya ya, dibanding swing pun kalah cepet. Tiba2 aja udah segitu aja gitu. Sementara swing kudu nunggu agak lama. Mungkin karena manual, kita bisa nyesuain dengan ritme badan kita. Overall saya puas dengan bp ini walo elektriknya ga sepuas swing. Minusnya capek ngengkol (manual gitu), trus asinya juga suka masuk cushion dan diantara diaphragma. Kan sayang itu asi nempel2 dimana2.
Score 7 out of 10

Medela Freestyle
Beli medela freestyle??? Horaaanggg kayaaahhh... Itu yang pertama terlintas di benakku. Dan selain kok sayang banget beli bp aja sampe segituuu nya *sayah bangkrut untuk satu bulan kedepan. Ceritanya, sebenrnya aku udah mau beli avent isis manual untuk jadi tandem dengan swing tapi berhubung saya teledor dengan memasukkan adaptor swing di tas yang isinya tumbler yang somehow jugak kok bisa bocor itu tumbler..sial.. jadi mokat lah itu adaptor swing. Aku tanya di asibayi, mereka sedang out of stock untuk adaptor swing dan harganya ituu booo bisa beli medela harmony dah. Sementara itu aku sedang defisit asip satu botol setiap harinya. Kev bisa habis 7 botol kaca asip @100ml sementara sehari aku cuma bisa pumping 6botol kaca asip @100ml. Paniklah awak, mau ga mau aku harus beli double pump untuk maintain supply asi dan untuk mempercepat waktu pumping dikantor. Pilihannya 2 yaitu avent isis iq duo atau medela freestyle, pengen medela pump in style advande sik. Tapi susah cari yang jual di indonesia. Avent duo ini juga susah cari yang jual di indo, sekali ada yang jual harganyaaa (red: aku lihat di toys**ngdom 6.5jeti pdhl harga diluar negeri cuma $250..NGOK). Setelah searching ke beberapa toko OL, akhirnya aku putuskan *bismillah* beli freestyle (Terkuburlah impianku upgrade iPhone ke iPhone5). Tapii..sayah ga nyesel buang duit segitu banyak untuk bp ini. I LOVE THIS BREASTPUMP. karena double pump so mangkas waktu pumping, dengan hasil yang sama bisa mangkas setengah waktu pumping. Ada 2 phase kayak swing tapi pijetannya lebih asoy, LDR ku lebih cepet pake ini, 50second ajaa boo udah LDR (karena ada layar timernya jadi tau ihihihihik) dan bisa dapet multi LDR. Suction nya juga lebih ajib drpd swing, beberapa hari pake freestyle trus balik ke swing jadi kayak cuma dikitik2 doang pake swing. Bisa saving memory pumping yang paling nyaman so ga perlu pencet2 lagik tinggal pencet memory dah tunggu deh. Untuk hasil ya blom significant banget sik (pdhl berharap naek 50% gitu XD), nambah 10-20cc semoga bisa terus naek ihihihihi. Baterainya udah pake lithium so ga perlu beli batere2 lagi. Selain itu paketannya udah dapet tas plus cooler bag + blue ice + 4 botol medela. Minusnya kalo mau pake membran harus bener2 kering,waktu pake swing kan tinggal kibas2in trs pake deh, selain itu minus yang bener2 minus adalah harganya yang bikin grogi.
Score 10 out of 10

5 comments:

  1. wooow beli freestyle? orang kayaaaa :p
    ini pgn swing maxi aja mupeng sangat tapi tapi ya ga mgkn beli...
    eniwei slm kenal..
    baru ngeuh aku pnh mampir ksni pas liat post clodi hehe...

    Oiya nanti review RV-nya yah mom putrie sm DSA disana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal moomm... tadi posting di urbanmama yak? aku lihat dikau posting di bp experience.. hehehehe

      ihihihihik... gara2 bp freestyle iniihh bikin saya puasa belanjaa berbulan2 *pdhl musim great sale *telem ATM
      lho bukannya mom pake swing??di flea in aja swing nya trus beli swing maxi ato rental aja dulu buat cobacobi.. (kalo rental pake botol sendiri yaahh pas nyobaa :D)

      Kmrn aku ke rumah vaksin cibubur, DSA nya enak lucuu informatif trus dikasih kuisioner skrining tumbuh kembang. Yang jelas harganya beda mom sama rumah sakit, padahal dengan merk yang sama. aku vaksin baby dtp+hib+polio, PCV13 dan rotavirus yang pertama di rumah sakit trus yang kedua di RV beda 200ribuu. Lumayaaann buat belik baju :D Kalo mau lgsg sama dr. piprim kayaknya beliau praktek di RV bekasi yang di summarecon.

      Karena maksud cuma vaksin jadi aku ga terlalu pilih2 DSA, yang penting pro ASI dan pro RUM gituu.

      Nanti deh aku bikin postingan sendiri tentang RV yaakk... *lagi dikejar deadline tender dikantor macam ngejar maling TT

      Delete
  2. wah menarik sekali reviewnya, untuk medela freestyle bisa disewakan utk pribadi kah? krn sy sedang out of budget tp butuh breastpump.

    ReplyDelete
  3. Sis apa sama chargernya freestyle sm chargernya medela swing?

    ReplyDelete
  4. Sis apa sama chargernya freestyle sm chargernya medela swing?

    ReplyDelete