Pages

Monday 14 January 2013

Balada tempat lahiran

Yap...kenapa disebut balada karena emang sedang dilanda bimbang-galau mau lahiran dimana.

Awalnya sik aku pengennya lahiran di Jakarta aja cz ga mau ribet pake moving things dan pengennya cutinya mepet2 HPL aja biar lama dibelakang. Dan awalnya si mamak juga ga ada masalah. Tapi setelah acara mitoni, things get awkward when all your family relatives want you to labour at Solo including yort mother. *hadeeeehhh*. Dasar saya masih keras kepala, aku masih kekeuh mau lahiran di Jakarta aja. Sampai suatu saat, sepupuku melahirkan di Solo dan aku pun nanya ttg biaya disana berapa. Setelah saya bandingankan dengan biaya di Jakarta. Saya syiookk berat *terutama biaya lahiran di KMC. Untuk jadi perbandingan :

Estimasi biaya lahiran di KMC : VIP normal IDR19000K, SC IDR39000K

Sementara di di RS swasta solo : SuperVIP normal IDR10000K

Akhirnya keras kepala saya luntur *gimana ga luntur lihat harga bgitu*. Ajegile kalo perbedaan biaya *its WAY to overprice* yang mencolok banget dengan perbedaan kelas pulak. Mau ga mau aku harus berpikir ulang. Dan aku juga mikir lah kemauan mamakku yang pengen deket terus sama calon cucu pertamanya.


Kebingungan pun dimulai!! Sebenernya yang bikin bingung itu cuma nyari dokter obsgyn dan RS yang sebagus dr.diah dan KMC yang pro segalanya. Googling pun ga mendapatkan hasil yang memuaskan. Setiap obsgyn atau bidan pasti ada aja kekurangannya. Ada sih tempat yang aku pengen banget dan rekomended banget buat yang ingin gentlebirth and waterbirth. Melahirkan di Bidan Kita, tapi tempatnya di Klaten. Mamak kurang setuju karena terlalu jauh dari rumah. Bisa2 mbrojol dijalan duluan sebelum sampe bidan. Setelah bertapa di Air terjun selama beberapa hari, aku memutuskan untuk nyoba kontrol dulu aja di dokter yang menangani sepupuku kemarin. Yaitu dr. Ivan di salah satu rumah sakit swasta di Solo.

Kebetulan aku juga harus ke Solo pas Adek ipar ku merried, Jadilah aku bikin janji dengan beliau hari Jumat minggu lalu. First impressions di klinik spesialis di solo. Jauh banget sama KMC. KMC itu kesannya homie, bersih, ga ribut bin rame, ruang tunggu enak, resepsionisnya ganteng *eh??. Kalo di sini yang berasa di rumah sakit. Bau obat dan disinfektan, rameee orang, ya kayak rumah sakit dah. Pendaftaran pun cuma dikasih kartu dari karton yang kalo bisa aja kebuang karena kukira sampah kertas (di KMC dikasih kartu kayak ATM), ga dikasih buku catatan ibu (yang berisi resume setiap kontrol dengan obsgyn). Ya sutralah gpp pikirku, lagian aku tetap bawa buku catatan dr KMC jadi aku bisa tetep nulis disana walo ga ditulisin sama dokternya. Setelah masuk ruang pemeriksaan obsgyn tambah awkward lagi, terbiasa dengan ruang KMC yang tertata rapi dengan masin USG yg besar ditambah flat screen buat nontonin #anakpintar sampe puas eh disini ya lagi2 just ordinary rumah sakit dengan mesin usg 2D kecil. Lagi2 aku berpikir ya sutralah,lagian aku kan niatnya mau lahiran bukan mau kontrol, yang penting dokternya oke,kamarnya oke dan harganya oke XD. dr. Ivan ternyata sudah sepuh, tapi banyak lho yang rekomen sama beliau. Metode yang dipakai beliau pun agaknya beda dengan dokter2 skrg. Pas periksa beliau masih menggunakan metode raba *raba2 perut gitu* buat tau letak dan posisi bayi, besar bayi dll. Beliau menggunakan USG hanya untuk melihat detak jantung, gender dan memastikan apa yang beliau raba2 tadi. *oke juga tuh :D. Jadinya aku pun lega dan mulai bisa memutuskan untuk lahiran di Solo dengan dibantu dr.Ivan. Cumaaakk.. Knapa disuruh periksa darah lagi, karena aku belom periksa darah untuk virus toxo dan rubella. Dan beliau ngasih resep vitamin banyak betul yang akhirnya ga aku tebus karena aku lebih milih vitamin ddari dr.diah. Ga mau ah dicekokin vitamin/obat yang menurutku ga perlu. Bismillah ajaaa *sehat kok ya nak :D

Jadilah aku sekarang tinggal harus memikirkan moving things ke solo untuk mempersiapkan launchingnya #anakpintar. Semoga keputusan ini yang terbaik. Amin :)

No comments:

Post a Comment