Pages

Thursday 17 January 2013

cloth diaper or clodi

Barang ini memang sedang booming diantara emak2 hamil dan punya baby. Demi menjaga lingkungan tercetuslah diaper yang bisa berkali2 dipakai dan dicuci. Makanya dikasih nama cloth diaper. Bentuknya mirip disposable diaper biasa tapi ini bisa dicuci karena bahan yang digunakan adalah kain. Dan tenang aja, waterproof kok kecuali kita beli yang fitted diaper yang terbuat dari bahan yang ga waterproof dan lebih breathable di kulit bayi. Untuk mulai mengoleksi clodi ini emang kayaknya kok mahal banget ya. Sekarang kita bikin list plus-minus menggunakan clodi ya.

Plus
1. Yang paling penting dan Utama dari kelebihan clodi adalah MENGURANGI SAMPAH *capslock matik* kalo bukan dari diri sendiri yang mulai untuk menjaga lingkungan siapa lagi?
2.Motifnyanya lucu2 :D
3. Everlasting alias bisa dipake lagi sama adeknya nanti *in one condition : dirawat dengan baik
4. Lebih sehat di kulit bayi
5. Hemat *bayangin aja,kita hanya perlu sekitar 20clodi untuk seterusnya tanpa harus mikir beli disposable diaper.
6. Variatif dari bentuk dan fungsinya.

Minus
1. Harganya boookk mahal, tapi bisa diakali kok,tinggal me-mixed koleksi dengan clodi lokal ajah XD
2. Butuh perawatan khusus
3. Males nyucik hahahaha :D


Beli clodi ini bikin kalap lhoo...SUER TEKEWER-KEWER dah...Tiap ngeliatin online shop yang beda ada aja keinginan buat beli. Habisnya motifnya itu lhoo,apalagi yang impor2 punya ituukk. Tapi clodi ga bisa dipake dari newborn, bisa sih tapi ngelihatnya asa gimana gitu. Kegedean popok. Jadi aku ngatasinnya dengan beli popok jaman jadul alias popok kain yang bertali itu dan popok modern bernama prefold diaper. Sebenernya mirip sama popok jaman dulu yang cuma berbentuk segiempat yang terus dikaitin pake peniti. Tapik untuk mencegah kebocoran kalo pee and poop maka ketebalan kain ditambah di tengahnya. Ada yang 2x4x2 ada yang 4x8x4 trus ngiketnya bukan pake peniti lagi tapi pake snappy fastener, atau bisa dipakein cover. Yang nanti nya kalo udah ga muat dibaby bisa digunakan sebagai insert clodi, jadi hemat deh ga usah beli insert clodi banyak2.
Nah untuk koleksi clodi #anakpintar, Aku googling dulu untuk cari2 info merk clodi apa yang bagus, mumpuni dan cocok di kulit bayi. Baca2lah aku di forum theurbanmama. Forum itu buanyak membantu lho selama kehamilan, dari cari info kesehatan sampai info produk XD. Dan karena aku kalap jugaa,akhirnya lah sekarang aku punya 17 cloth diaper berbagai merk, jenis dan fungsi yang berbeda. *kalap apa kalap mak?? Habisnya ga nahaaaann lihat motif2nya bookk. Tapi kebanyakan sih aku beli pocket diaper biar lebih praktis, dan fitted diaper biar kuliat bayik nyaman cz dari bahan yang breathable. Karena #anakpintar blom launching jadinya aku blom bisa ngasih review dari merk2 tersebut, nanti ya ibu2..sabar XD pasti aku review kalo udh kepake..

Koleksi Clodi #anakpintar
1. cover rumparooz + insert (each 2pcs)
2. Nvme cover + insert
3. SgBum pocket diaper
4. Bumgenius pocket diaper
5. FuzzyBunz pocket diaper
6. Blueberry pocket diaper
7. Preston Pants pocket diaper
8. Grovia AIO
9. Pempem pocket diaper
10. Cluebebe pocket diaper
11. GG pocket diaper
12. Sobi Minky pocket diaper
13. Little Fancy Pants fitted diaper
14. Monkey Snuggles fitted diaper
15. Baby Kicks fitted diaper
16. Iconic Kids fitted diaper

Koleksi prefold n aksesoris #anakpintar
1. Bumwear prefold unbleached infant size 6pcs
2. Bumwear prefold colour infant size 3pcs
3. Cloth-eez small size 3pcs
4. Cilipopo newborn size 6pcs
5. Snappy Fastener 3pcs
6. Disposable Liner (bumwear and Grovia)
7. Washable Liner (enphilia and GG) 12pcs
8. Cycles Detergent

Aku beli clodi semua ini di beberapa online shop, ga ada yang aku beli langsung di toko bayi *habisnya ga tau beli dimana kalo ditoko :D. Ini beberapa online shop yang rekomended buat emak2 yang demen belanja :D. Disini ada beberapa OL yang ga cuma jual Clodi kok. Tapi favoritku Little Hannah Shop :))
Little Hannah Shop
Little Monkey Shoppe
Danish Clodi
Toko Bayi Tembem
Athaya Baby Luv
Bunda Ghazi Clodi
Nealova Bebe
Omah Uca



P.S: picture grabbed from Little Monkey Shoppe and The Fifi Alvianto

4 comments:

  1. Banggeeettt bikin addict kumpulin clodi

    ReplyDelete
  2. Mom.. review nya cilipopo gimana? ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. haaii.. aku lebih suka pakai cloth-eez soalnya lembuutt banget bahannya dan lebih lebar stlh itu bumwear. kalau cilipopo nya buatku not recomended. habisnya bahannya kurang lembut, size nya kecil bengek. Akhirnya jadi alasompol doang hehehehe

      maapkeuunn yaa emak yang satu ini udh lama ganulis n updet blog. habisan malas nulis dan banyak bengek kerjaan dikantor huaaaaa *nangis dipojokan :(((

      Delete
  3. Mom, mw nanya dong kalo pake snappi pasanganny ahrus prefold atau boleh pake kain lain seperti alas ompol gt mom? Thank u

    ReplyDelete