Pages

Wednesday 16 January 2013

nujuh bulanan #anakpintar

cerita tentang acara mitoni kayaknya asik nih. Awal desember kmrn, sampe jugak ke acara nujuh bulanan atau mitoni kalo orang jawa bilang. Sebenernya saya sih ga pengen2 banget bikin acara kayak gini. Menurutku yang paling penting itu pengajian 4bulanan untuk tiup roh itu. Tapi apa daya, sudah kubilang mak-babeh saya itu jawa totog XD and ga ada salahnya juga mereka superexcited dengan kehadiran calon cucu pertama. Iyak benar, #anakpintar adalah calon cucu pertama baik dari keluargaku maupun keluarga suwamik, walopun suwamik bukan anak pertama, tapi dialah yang menikah duluan *power of pengen kawin NYAHAHA*

Menghitung minggu ke bulan adalah agak2 mbingungi untuk saya. Perhitungan dokter itu selalu memberikan umur kehamilan dalam minggu sementara orang2 selalu nanya umur kehamilan dalam bulan. Seperti untuk acara mitoni ini, apakah 7bulan itu jatuh di di minggu ke28 atau lebih?? Tapi setelah lihat schedule saya, minggu ke 28 itu bertepatan seminggu setelah acara lamaran adek ipar. Berpikir pasti bakal kecapean banget kalo sampe dalam dua minggu bolak-balik JKT-SOLO PP akhirnya aku bikin acara mitoninya di minggu 29 ke 30. At least aku punya spare waktu seminggu untuk istirahat dulu. Dan aku putuskan untuk tidak pake babik untuk pulang ke solo. Saya lebih prefer pake kereta yang mana lebih cepat,tinggal tidur ajah,ga pake berhenti2,ga pake macet. Di solo yang nyiapin acara cuma mamak, kaciaann..makanya itu aku kirim suwamik brangkat duluan ke solo buat bantu2. *aish aku di stasiun undal-undul brangkat sendiri,pasti orang2 yang lihat ini suwamiknya kamana hahahak*

sampe solo aku tidur glundung2 dulu kayak ikan paus sampe agak siang terus disuruh jemput babeh di stasiun. And then terus muter2 ke danadi,danar hadi dan toko2 batik lainnya soalnya aku+suwamik+makbabeh dan adek2ku blom punya kostum *macam mau pawai ajah* --". Etdah harga batik2 di danadi/danarhadi bikin aku jantungan.. Ya emang sutra sik tapi ga gitu juga kali ya..harganya berkisar antara IDR1000K-tak terhingga *bah. Tapi karena aku dapat gratis alias dibelikan sama nyonya bos besar jadi lah aku iya-iya in sajoo XD *muka gratisan. Resmi suwamik dan saya dresscodenya ungu. Makbabeh merahmaroon kecoklatan, Adekku juga ungu. Untuk kostum siraman dan lain-lain udah disiapkan oleh eyang Maryono dan Tante Aprin yang notabene jadi WO di acara besok *secara beliau2 ini adalah dedengkot perias dan acara adat jawa di Solo. Coba deh kamu sebutin nama beliau di WO mana aja disolo. Siapa yang kagak kenal *.*

Acara dilaksakan di hari sabtu keesokan harinya. Dimulai dari pengajian para ibu2 terus aku dipakein kebaya khas siraman itu, warnanya unguu dan sutra pulak. Nampaknya Eyangku yang satu ini ga main2 sama cucuknya hahaha. Habis pengajian, aku disuruh sungkem suwamik, sungkem bapak.ibu,bapak mertua. Terus disiram deh sama 7orang *kuenyang aku disiram2 mulu dari jaman mau kawinan..dingin beroooo.
Kelar disiram2, Suami mesti motong daun kayak janur ini, simboliknya dengan maksud untuk membuka dan melancarkan jalan lahir. Setelah daun ini diputus, masuklah ke upacara brojolan. Pertama telur ayam yang diloloskan dari kain bagian atas, lalu ada apa gitu,akupun ga tau apa itu..bentuknya aneh --" setelah itu mertua disuruh asal ngambil ga boleh milih diantara 2 cengkir dan diloloskan dari kain itu. Dan ternyata cengkir yang diambil sama mertua adalah cengkir yang bergambar rama. Brarti cocok dong dengan USG dokter mihihihihi. Terus hasil dari lolosan tadi digendong dan disuruh timang2 sama mamakku dan dibawa ke kamar. Sekalian aku ngeringin badan dan ganti baju.
Selama aku ganti baju itu, Suwamik disuruh mecah cengkir yang tidak ada gamabarnya dengan golok. Katanya, kalo air kelapanya muncrat tandanya anaknya laki-laki, tapi kalo ngalir biasa aja tandanya perempuan. Ini pun hasilnya sesuai dengan USG XD. Setelah ganti baju akupun diluar disuruh ganti2 kain sebanyak 7 kali. Sampe para pemirsaaa bilang cocoookkk *bah capek betul itu nah.* Sampe situ, disuruh makan labu manis terus tumpeng yang isinya menyiratkan maksud2 tertentu. Googling aja ya, aku pun ga bgitu ngerti soalnya maen he'eh he'eh aja kemaren :p. Dan sekiaaann...FIN..prosesi acara slesai dan pemirsaa dipersilahkan untuk makan XD
Ini acara buat senang2 aja kok, tapi ada maksud syirik terhadap agama. Kami berdua dan sekeluarga terus memanjatkan puji syukur terhadap Allah atas semua berkah, kelancaran dan kesehatan yang terlah diberikan kepada kami. Terima kasih yaa kepada semuaa pemirsaahh yang sudah hadir dan turut mendoakan yang baik2 untuk #anakpintar. *cipok basah untuk kalian semuaaa*

No comments:

Post a Comment