Pages

Tuesday 22 January 2013

banjir jakarta 2013

Awal tahun Jakarta dinyatakan darurat bencana banjir. Baru pertama kali aku ngalamin banjir segede ini di jakarta. Sebenernya, Alhamdulillah tempat tinggal, area kantor dan akses bolakbalik rumah-kantor aman terkendali. Bahkan tidak tersentuh banjir sedikitpun, paling2 hanya genangan karena jalan yang cekung atau landscape yang benar2 rendah. Tapi imbasnya tetep kena yaitu traffic jam. Sementara di beberapa daerah di jakarta dan sekitarnya terendam banjir yang ga main2 tingginya. Bahkan ada yang terkena "tsunami kecil" akibat tanggul latuharhari jebol. Dan baru tahun ini aku lihat sekitaraan Bundaran HI itu banjir sampai kayak kolam renang terbuka. Dan ternyata itu disebabkan oleh jebolnya tanggul latuharhari.
Tapi ada temenku bilang : 'kalo latuharhari itu ga jebol di beberapa daerah udah ga ketulungan tinggi air banjirnya. Jadi ada sisi positifnya juga.' *sisi positif dari hongkong, namanya bencana ya bencana kagak ada sisi positifnya --"*. Udah gitu yang aku ga begitu doyan lihatnya adalah cara televisi nasional indonesia raya ini memberitakan keadaan. Kadang2 reporter itu agaka2 gimana gitu kalo lagi reportase di daerah banjir. Dari segi pertanyaan, backsound lagu yang dipakai dan sebagainya. 180 derajat berbeda waktu aku lihat berita tokyo memberitakan paska tsunami jepang. Dan mereka ga ada henti2nya bertanya : salah siapa banjir ini?, Gubernur Jokowi sudah ngapain aja?? etc etc bla bla bla. Sudah jelas kalau ini salah semua penduduk Jakarta yang cuma pengen tinggal di Jakarta tanpa memeliharanya. Dan begitu ada bencana seperti ini hanya satu orang yang disalahkan : GUBERNUR DKI JAKARTA.

Udah tau kalo banjir itu kayak langganan, bahkan mereka pun tau kalo siklus banjir besar jakarta itu per 5 tahun. Tapi ya penduduk jakarta tetap buang sampah di sungai, tetap kekeuh menutup rawa untuk dijadikan Mall atau perkantoran atau perumahan (?), tidak memeperluas lahan hijau untuk resapan air, bikin rumah2 di bantaran sungai. Gimana mother earth ga napsu pengen ngamuk sama situ?? Sudah saatnya manusia lebih peduli terhadap lingkungan. Kalau masih mau dikasih tempat tinggal yang layak oleh Bumi. Dan itu harus dimulai dari diri sendiri. Jangan nunggu orang lain. Kalau pedoman masih : ah orang lain juga buang sampah sembarangan. Ya mampus aja lah.
Diluar semua itu, semangat bahu membahu Indonesia raya itu yang tidak terkalahkan. Aksi cepat tanggapnya itu lho yang patut diacungi jempol. Saling bahu membahu, tolong menolong baik antar sesama korban ataupun orang lain yang bukan korban. *acungi jempol limoo..nyilih jempol tonggone XD*.
Ebuset itu Rolls Royce kerendem ampe bgitu yeeeee???mobil beli pake indent, harganya selangiitt.. kerendem pulak.. BAHHH.. *pasti nangis dayak yang punya itu.*
Dan yang paling awkward, Tuan besar sms nanya banjir atau enggak,dan nyuruh GA USAH KEMANA2 SAMPE BANJIR SURUT dan kalo parkir jangan di basement. Curiga awak ini, yang dikhawatirkan itu mobilnya bukan ane --"



P.S: picture grabbed from yahoo.co.id

No comments:

Post a Comment